Blogger Widgets
Selalu Ingin Yang Lebih

Sabtu, 11 Februari 2012

Misteri Tugu Pancoran

Patung yang biasa disebut patuung Pancoran ini sebenarnya bernama asli Patung Dirgantara. Karena terletak di daerah Pancoran, maka patung ini lebih dikenal dengan Patung Pancoran. Patung ini memiliki tinggi 11 meter dan terbuat dari 11 ton perunggu serta memili landasan berbentuk lengkungan dari beton setinggi 27 meter. Patung ini dirancang oleh pematung Edhi sunarso dan dikerjakan oleh seniman Keluarga Arca dari Yogyakarta bahkan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno, presiden saat itu; dan selesai dibangun dalam 2 tahun (1964-1965).
Saat itu beredar gosip yang mengatakan bahwa Presiden Soekarno harus menjual mobilnya untuk membiayai pembuatan patung ini. Sayangnya monumen ini tertutup jalan layang dan jalan tol.

        Sejumlah cerita tentang misteri acungan tangan patung Pancoran terus berembus selama beberapa waktu. Beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menghadap ke sebuah pelabuhan Sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban indonesia selama dijajah Belanda. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke lokasi harta karun peningalan Presiden Soekarno, yang konon bisa digunakan untuk melunasi hutang negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar