Blogger Widgets
Selalu Ingin Yang Lebih

Minggu, 12 Februari 2012

Gua Terbesar di Dunia

Sebuah gua di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam, dianggap sebagai gua terbesar di dunia. Betapa tidak, lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter. Gua yang diberi nama Han Son Doong atau gua sungai pegunugan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh pada 1991. Tak seorang pun pernah menelusuri ke delam gua, karena tekanan angin yang tinggi di dalamnya, dan ada sungai bawah tanah yang sangat besar dan deras arusnya.

            Pada April 2009, sebanyak 13 ornag, gabungan penjelajah dari universitas Sains Vietnam dan penjelajah Inggris akhirnya menggelar Caving Expedition 2009 dengan masuk ke dalam gua tersebut. Mereka mmenghabiskan waktu lima hari untuk menyurvei jalur gua tersebut. Dengan alat ukur berbasis LaserRase 300, tim tersebut dapat mengukur tinggi langit-langit dan lebar rongga di sepanjang penjelajahan dengan harapan dapat membuat peta gua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar